Manfaat Rumah Belajar Sebagai Media Edukasi Siswa di Masa Pandemi Covid-19

Photo by Liza Summer on Pexels.com

Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) kini terpaksa harus dilakukan pemerintah mengingat pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda – tanda akan berakhir. Dengan pembelajaran tersebut, maka seluruh peserta didik harus menjalankan pembelajaran dengan memanfaatkan koneksi jaringan internet.

Meskipun terbilang kurang efektif dalam menunjang kegiatan belajar mengajar seperti biasanya, namun langkah ini terpaksa diambil untuk menekan penyebaran virus Covid-19. Nah, mengingat edukasi adalah proses pembelajaran yang berguna untuk mengembangan potensi diri peserta didik, maka tenaga pendidik perlu untuk menggunakan media pembelajaran secara efektif. 

Salah satu media pembelajaran yang kini banyak digunakan para tenaga pendidik untuk mendukung proses mengajar lebih interaktif di kelas adalah portal media pembelajaran interaktif. Dengan media ini, tenaga pendidik akan lebih mudah untuk memberikan materi pembelajaran kepada peserta didik secara efektif dan interaktif di dalam kelas. Adapun salah satu portal media pembelajaran online yang banyak digunakan yakni rumah belajar. Berbagai manfaat penting dari portal media pembelajaran bagi tenaga pendidik dan peserta didik ini antara lain sebagai berikut. 

1. Sebagai wadah kerja sama dengan para guru di berbagai tempat

Dengan portal media pembelajaran online ini, maka para guru di berbagai tempat di Indonesia dapat melakukan kerja sama untuk membuat sarana pembelajaran yang efektif bagi para peserta didik. Sehingga, hal ini mampu untuk menunjang sistem edukasi meskipun di tengah pandemi Covid-19.

2. Mampu menambah ilmu pengetahuan guru dalam hal teknologi informasi

Jika biasanya pembelajaran dilakukan secara tatap muka di dalam kelas, maka dengan media pembelajaran online ini guru dituntut untuk bisa menggunakannya dalam memberikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Hal ini juga berguna untuk menambah ilmu dan pengetahuan bagi para guru yang sebelumnya gaptek menjadi bisa untuk menggunakan berbagai teknologi informasi yang ada. 

3. Mampu menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan guru sebagai tenaga pendidik

Dikarenakan sistem pembelajaran dilakukan secara daring dan di rumah, maka hal ini dapat berguna untuk media bagi guru dalam menambah pengetahuan dan keterampilan. Yakni mengenai bagaimana memanfaatkan teknologi digital pembelajaran, memberikan materi pembelajaran secara daring bagi peserta didik dan lain – lain. Sehingga, pengetahuan dan keterampilan guru sebagai tenaga pendidik dapat terasah. 

4. Mampu meningkatkan komunikasi dan interaksi antara tenaga pendidik dengan peserta didik

Mengingat pembelajaran dilakukan secara online, maka hal ini menuntut para tenaga pendidik dan peserta didik untuk saling bekerja sama dalam menunjang sistem pendidikan yang dijalankan di masa pandemi Covid-19. Bahkan, hal ini mampu meningkatkan komunikasi dan interaksi antara tenaga pendidik dengan peserta didik dalam hal kegiatan belajar mengajar jarak jauh.

5. Dapat mempersiapkan peserta didik menuju revolusi industri 4.0

Meskipun kurang efektif dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, namun keuntungan menggunakan portal media online belajar ini dapat berguna bagi peserta didik. Salah satunya untuk mempersiapkan peserta didik menuju revolusi industri 4.0. Yakni kolaborasi antara teknologi dengan jaringan internet dalam menciptakan industri lebih maju kedepannya.

6. Dapat membentuk karakter peserta didik dalam memanfaatkan teknologi

Salah satu pemanfaatan teknologi bagi peserta didik sangat berperan penting dalam kegiatan pembelajaran. Tak hanya tetap menerapkan doa sebelum belajar dalam pembelajaran daring, namun pemanfaatan teknologi juga mampu membuat peserta didik untuk berpikir kritis dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan. Bahkan, berani untuk menyampaikan pendapat saat materi pembelajaran dinilai kurang paham. 

Leave a comment