Ikuti Passion dan Hasilkan Cuan, Side Hustle Bisa Menjadi Pilihan

Meskipun sering disamakan dengan side job atau pekerjaan sampingan, side hustle ternyata memiliki sedikit perbedaan dengan side job. Bagi yang pertama kali mendengar istilah ini, side hustle adalah segala jenis pekerjaan disamping pekerjaan utama yang biasanya bersifat lebih fleksibel.

Jadi, keduanya memang dilakukan untuk menambah pendapatan seseorang disamping pekerjaan utamanya. Namun, side hustle lebih mengutamakan passion atau bidang yang diminati daripada sekadar menghasilkan uang.

Mempunyai pekerjaan dengan penghasilan yang cukup merupakan anugerah yang patut disyukuri, tetapi tidak semua orang memiliki keberuntungan bisa bekerja di bidang yang sesuai dengan minatnya. Itulah mengapa side hustle bisa menjadi jalan tengah bagi sebagian besar orang yang belum berencana untuk menjadi entrepreneur namun ingin tetap mengikuti passion tanpa mengorbankan profesi utama.

Apakah Anda salah satu orang yang sedang mencari tahu bagaimana cara memulai side hustle? Perhatikan 4 poin di bawah ini untuk mempersiapkan diri memulai side hustle.

1. Pertimbangkan Minat & Skill

Menekuni side hustle bisa dimulai dengan mengevaluasi diri sendiri terlebih dahulu. Jika Anda masih bingung menentukan apa yang ingin dilakukan, coba lihat kemampuan apa saja yang telah dikuasai dan bidang yang diminati. Mungkin saja ada beberapa skill set yang tidak bisa Anda maksimalkan di tempat kerja, seperti kemampuan menulis atau desain grafis. Dengan begitu, Anda bisa mempertimbangkan opsi pekerjaan freelance writer atau freelance graphic designer sebagai side hustle Anda.

Apabila ada bidang tertentu yang Anda minati, mulailah cari ide atau inspirasi bagaimana mengubahnya menjadi peluang usaha. Misalnya, jika Anda memiliki passion di bidang pendidikan, mungkin Anda dapat mencoba peruntungan menjadi seorang online tutor.

2. Tambah Nilai Jual

Jika perlu, ikuti program workshop, kelas pelatihan, atau bahkan sertifikasi untuk membantu Anda lebih unggul daripada kompetitor lain. Pada akhirnya, dalam menekuni side hustle pun akan diwarnai dengan kompetisi dan orang-orang pasti berlomba-lomba menawarkan jasa terbaik. Jadi, terus tingkatkan kemampuan Anda agar side hustle yang dijalani bisa meraih kesuksesan.

Kunjungi platform online learning kami di myedusolvex.com untuk menemukan kelas pelatihan yang mungkin Anda butuhkan.

3. Lakukan Reality Check

Setelah memutuskan apa yang ingin dilakukan, ada baiknya memperhitungkan situasi Anda terlebih dahulu sebelum mengeksekusi ide. Hal ini bermanfaat untuk memastikan bahwa kedepannya Anda lebih siap mengatasi kesulitan yang akan datang.

Pastikan side hustle ini tidak akan mengganggu pekerjaan utama. Artinya, Anda perlu mencoba mengatur waktu lebih baik lagi karena pasti akan ada banyak waktu luang yang tersita untuk melakukan pekerjaan side hustle. Side hustle yang malah menimbulkan masalah pada pekerjaan utama justru hanya akan menyulitkan dan memicu stress. Jangan lupa juga bahwa kesehatan adalah prioritas pertama.

4. Maksimalkan Peluang yang Ada

Peluang usaha di dunia digital kini semakin terbuka sangat lebar dan memungkinkan orang-orang untuk menekuni pekerjaan side hustle yang tidak terbatas wilayah geografis maupun perbedaan waktu. Bagi yang berminat menjadi online tutor namun tidak memiliki banyak waktu luang, kami memiliki kabar baik untuk Anda.

MyEduSolve membuka kesempatan bagi Anda untuk memulai side hustle dengan cara bergabung menjadi instruktur di MyEduSolveX. Peluang project-based freelance ini tersedia bagi 4 posisi, yaitu Project Management Instructor, AI Chatbox Instructor, UX Writer Instructor, dan Adobe Photoshop/Graphic Design Instructor.

Temukan halaman kami di LinkedIn MyEduSolve Indonesia untuk menemukan informasi lengkapnya lalu daftarkan diri Anda segera dengan mengirimkan CV melalui aulia@myedusolve.com.

Selain bisa memenuhi kepuasan pribadi karena dapat mengerjakan hal yang diminati melalui side hustle, Anda juga bisa berkontribusi dan memberikan dampak positif atas ilmu pengetahuan yang Anda berikan karena dapat membantu orang lain dalam meningkatkan kapasitas diri mereka.MyEduSolve Indonesia

MyEduSolve is an edutech company focused on transforming Indonesia’s workforce through digital literacy.

Leave a comment